√ 8 Tips Menjaga Pola Tidur agar Tetap Sehat - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

8 Tips Menjaga Pola Tidur agar Tetap Sehat

Ada beberapa tips menjaga pola tidur agar tetap sehat yang akan saya bagikan saat ini.


Manusia memang tidak bisa lepas dari yang namanya tidur. Tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, karena bisa memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak, serta mampu meningkatkan massa otot.


Tips menjaga pola tidur


Banyak orang yang masih meremehkan betapa pentingnya tidur yang cukup untuk kesehatan.


Lalu,tahukah Anda apa yang akan terjadi pada tubuh jika kekurangan tidur? 


Jawabannya adalah bisa memicu banyak penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, dan diabetes.


Cara Memperbaiki Pola Tidur 


Hasil studi di Spanyol pernah menjelaskan bahwa seseorang yang kurang tidur, akan lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular. 


Setelah Anda membaca penjelasan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui tips menjaga pola tidur agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.


1. Mengatur Rutinitas Tidur


Mengatur rutinitas tidur

Untuk menjaga pola tidur yang sehat, bisa dimulai dengan membuat rutinitas tidur. Pola tidur yang baik untuk kesehatan tubuh tergantung dari usia. 


remaja yang berusia 14-17 tahun, lebih baik menyisihkan waktu tidur 8-10 jam perhari. Berbeda dengan remaja, pada saat menginjak dewasa yang berusia 18-64 tahun, lebih baik tidur 7-8 jam perhari.


2. Konsisten


Konsisten

Kunci utama untuk mensukseskan impian Anda adalah dengan konsisten. Yang perlu Anda lakukan adalah konsisten dalam mengatur kapan waktu Anda tidur, durasi tidur dan kapan Anda terbangun.


3. Gunakan Alarm Sebaik - Baiknya


Gunakan alarm sebaik-baiknya

Penggunaan alarm bisa sangat membantu untuk menjaga pola tidur yang sehat. Pada saat alarm berbunyi, sering kali orang menekan tombol snooze atau menunda bunyi alarm. 


Hal itu sangat berpengaruh untuk pola tidur Anda, karena bisa merusak pola tidur yang sudah Anda buat selama ini. 


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, konsisten adalah cara terbaik untuk membiasakan pola tidur yang sehat.


4. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Sebelum Tidur


Perhatikan makanan dan minuman

Sering kali kita lupa, mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur sangat penting untuk menjaga kualitas tidur. 


Ini adalah beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari sebelum tidur:


  • Jangan terlalu banyak meminum mineral sebelum tidur, karena dengan mengkonsumsi banyak cairan, Anda akan sering terbangun untuk ke toilet yang mengakibatkan tidur Anda terganggu.

  • Jangan meminum alkohol sebelum tidur, karena alkohol bisa menyebabkan tidur Anda tidak nyenyak akibat sering terbangun di tengah malam dan akan sulit berkonsentrasi di pagi hari.

  • Jangan mengkonsumsi asam dan pedas, karena bisa membuat perut Anda sakit dan tidurpun menjadi tidak nyenyak.

  • Jangan mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh dan lain-lain, karena Anda bisa kesulitan tidur.


Jika Anda tetap ingin makan dan minum sebelum tidur, makanlah makanan yang memiliki kadar gula rendah dan minumlah secukupnya.


5. Setting Kamar Senyaman Mungkin


Setting kamar senyaman mungkin

Salah satu penyebab susah tidur adalah kondisi kamar yang membuat Anda kurang nyaman. Ini adalah beberapa tips supaya kamar atau ruang tidur Anda menjadi lebih nyaman:


  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah usahakan hilangkan atau kurangi suara-suara yang dapat mengganggu Anda, seperti suara mesin dan suara kipas angin.

  • Usahakan membuat suhu ruang tetap sejuk, suhu yang terlalu panas atau dingin akan berpengaruh untuk kenyamanan tidur.

  • Buatlah posisi Anda senyaman mungkin saat tidur.


6. Buatlah Suasana Kamar Gelap saat Tidur


Buatlah suasana kamar gelap

Dengan kondisi lampu yang mati saat tidur, tubuh kita akan lebih rileks dan tentunya akan membuat kualitas tidur kita menjadi lebih baik.


Tidak hanya membuat tidur menjadi berkualitas, kamar yang gelap saat tidur juga dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya dan masalah kesehatan lainnya.


Seperti mencegah penyakit kanker, dapat mengurangi stres, mencegah berat badan bertambah, mencegah kerusakan mata, mencegah hipertensi, serta dapat mencegah penyakit diabetes.


7. Lakukan Aktivitas jika Kesulitan Tidur


Melakukan aktifitas jika sulit tidur

Banyak pikiran, adalah salah satu penyebab Anda kesulitan tidur. Kebiasaan orang pada umumnya, terlalu memaksakan diri untuk tidur saat sedang banyak pikiran atau stres.


Tapi, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk tidur, yang Anda perlu lakukan adalah melakukan aktivitas atau kegiatan yang membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, seperti membaca novel atau mendengarkan musik.


8. Olahraga Sebelum Tidur


Olahraga sebelum tidur

Ada begitu banyak manfaat olahraga di malam hari, salah satunya adalah untuk membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang sehat. Lakukan olahraga sekitar 4 - 5 jam sebelum Anda tidur.


Akhir kata,dari penjelasan diatas, segera mulai melakukan pola tidur yang sehat agar kita semua terhindar dari berbagai macam penyakit. Memang saat pertama melakukannya akan sangat sulit, tapi lama kelamaan anda akan terbiasa.


Demikian artikel kali ini mengenai tips mengatur pola tidur. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Get notifications from this blog