√ 8 Tips Memilih Produk Kosmetik yang Aman Agar Terhindar dari Jerawat - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

8 Tips Memilih Produk Kosmetik yang Aman Agar Terhindar dari Jerawat

Wajah putih, bersih dan bebas dari jerawat merupakan impian yang didambakan oleh semua orang. 


Bahkan, kebanyakan orang rela mengeluarkan uang dengan jumlah banyak hanya untuk membuat kulit mereka tampak menawan.


tips memilih kosmetik


Ada beberapa orang yang sudah membeli kosmetik dengan harga yang mahal. Namun, kulit mereka malah tambah rusak dan muncul jerawat. Mengapa bisa begitu? Jawabannya karena mereka tidak tahu  cara memilih produk kosmetik yang cocok untuk jenis kulit mereka sendiri. 


Cara Memilih Kosmetik yang Aman


Sejak dulu, kosmetik memang digemari oleh setiap orang, khususnya kaum wanita. Seakan-akan, kosmetik sudah hampir menjadi kebutuhan primer.

Disini, saya akan memberikan beberapa cara dan tips memilih kosmetik agar terhindar dari jerawat.

1. Jangan Memilih Produk yang Mengandung Comedogenic


Jangan memilih produk comedogenic

Apa itu comedogenic? Secara singkat, comedogenic dapat diartikan sebagai menyumbat pori-pori. 


Pori pori yang tersumbat bisa menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, pilihlah kosmetik yang tidak mengandung comedogenic atau sedikit mengandung comedogenic


Kosmetik zaman sekarang rata-rata sudah ada label non-comedogenic, jadi tidak perlu khawatir dalam memilih produk.


2. Pilihlah Kosmetik yang Banyak Mengandung Anti Bakteri


Pilih kosmetik anti bakteri

Penyumbatan pori-pori bukanlah satu-satunya yang bisa menyebabkan jerawat. Tetapi, bakteri juga sangat berpengaruh dalam pertumbuhan jerawat. 


Bakteri di kulit wajah Anda bisa berkembang jika memilih produk kosmetik yang salah. Maka, pilihlah produk kosmetik yang memiliki banyak kandungan anti bakteri seperti karolin, salicylic, acid, zinc dan clay.


3. Hindari Kosmetik yang Menyebabkan Iritasi


Hindari kosmetik penyebab iritasi

Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan orang terutama wanita tidak bisa lepas dari yang namanya kosmetik untuk membuat kulit menjadi menjadi tampak lebih putih dan bersih.


Namun, terkadang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Bukannya membuat kulit lebih putih, malah menimbulkan masalah pada kulit.


Penting sekali untuk memahami produk kosmetik apa yang Anda beli. Karena, bisa saja produk yang Anda pakai tidak sesuai dengan jenis kulitmu dan akan menyebabkan kulit menjadi iritasi. Hal itu dikenal dengan istilah breakout.


Biasanya, kandungan penyebab iritasi adalah alkohol, fragrance, minyak dan masih banyak yang lainnya. Agar terhindar dari iritasi, sebaiknya Anda membeli kosmetik yang berlabel oil-free atau fragranced-free.


4. Jangan Gunakan Compact Powder, tapi Pakailah Bedak Tabur


Pakailah bedak tabur

Compact powder atau bedak padat bersifat keras dan menimbulkan kulit menjadi lebih berminyak. Akibatnya, jika Anda menggunakannya akan lebih rentan terkena jerawat.


Oleh sebab itu, gunakanlah bedak tabur karena memiliki lebih banyak keunggulan dari pada Compact powder. Salah satunya karena teksturnya lebih ringan dan halus.


Sehingga, tidak akan menyumbat pori- pori serta menimbulkan jerawat pada wajah Anda.


5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kosmetik Shimmer


Kurangi pemakaian kosmetik shimmer

Tips memilih kosmetik agar terhindar dari jerawat selanjutnya adalah jangan terlalu sering mamakai shimmer. 


Bagi kebanyakan wanita, jerawat adalah suatu hal yang sangat memalukan. Mereka pun berusaha untuk menutupinya dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan shimmer.


Sebenarnya, pemakaiannya tidak dilarang jika jenis kulitmu tidak mudah tumbuh jerawat. Hanya saja, tidak dianjurkan untuk orang yang kulitnya sensitif, karena bisa menyebabkan iritasi dan munculnya jerawat.


6. Cek Kemasan Produk


Cek kemasan produk

Hal paling penting dalam memilih kosmetik adalah dengan memeriksa apakah produk yang Anda pakai memiliki Nomor Izin Edar (NIE). 


Kosmetik yang mengandung bahan-bahan aman, pastinya sudah memiliki izin yang resmi dari BPOM. 


Tapi, Anda juga harus memeriksa NIE di website resmi BPOM, karena banyak juga produk kosmetik yang hanya sekedar meletak NIE tanpa persetujuan dari BPOM.


7. Beli di Toko yang Terpercaya


Beli di toko terpercaya

Di zaman sekarang ini, sudah banyak toko offline maupun online yang menjual berbagai macam kosmetik. 


Ketika membeli di toko offline, pastikan tokonya terjamin kualitasnya, Anda bisa memastikannya dengan bertanya kepada teman atau orang terdekat Anda. 


Jika membeli di toko online, Anda bisa mengecek rating penjual dan komentar produk dari orang yang membeli disana.


8. Rasakan dan Lihat Reaksi Setelah Pemakaian Kosmetik


Lihat reaksi pemakaian

Untuk melihat reaksi setelah pemakaian, Anda tidak perlu menggunakannya di wajah, cukup mengoleskan produk kosmetik tersebut ke punggung atau ke tangan Anda. 


Biasanya, orang yang sudah berpengalaman dalam dunia kosmetik, pasti sering melakukan hal tersebut. Setelah dipakai, perhatikan dengan baik-baik, apakah ada yang aneh dengan kulitmu atau tidak. 


Tanda bahwa kosmetik itu palsu atau tidak sesuai dengan jenis kulitmu akan menimbulkan bengkak pada kulit, gatal, bahkan sakit kepala.


Akhir kata, tidak semua kosmetik sesuai dengan kulit Anda. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit agar terhindar dari berbagai macam penyakit kulit seperti jerawat.


Baca juga: Cara Mencuci Muka yang Benar agar Terhindar dari Jerawat


Demikian artikel kali ini mengenai cara memastikan kosmetik yang aman agar terhindar dari jerawat. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Get notifications from this blog