√ Apa itu Jerawat (Acne)? Pengertian Jerawat Adalah - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

Apa itu Jerawat (Acne)? Pengertian Jerawat Adalah

Apakah ada yang tidak tahu tentang jerawat, dalam bahasa Inggris disebut acne? Pasti Anda semua sudah tahu apa itu jerawat. 


Pengertian jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah orang yang menderitanya. Hampir setiap orang pernah mendapatkan gangguan jerawat.

Pengertian jerawat

Seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia bernama Kligmann berpendapat, 


"Tidak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya."


Jerawat merupakan bintik kecil atau besar yang muncul karena banyak faktor, salah satunya karena bakteri yang bernama Propionibacterium Acnes.


Jerawat atau acne vulgaris sering didapati pada usia remaja, antara 15-19 tahun pada wanita dan 17-21 tahun pada pria, tetapi juga kadang terjadi pada anak-anak dan wanita dewasa dalam masa menstruasi.


Faktor ras dan keturunan menjadi pemegang peran besar terjadinya jerawatan. Hampir 80% penderita memiliki saudara kandung yang berjerawat juga, dan 60% penderita memiliki salah satu orangtua nya yang berjerawat. 


Selain itu, ras kuning (oriental) jarang sekali berjerawat dibanding dengan orang kulit putih.


Mengapa terjadi jerawat? Penyakit kulit yang satu ini memang wajar terjadi pada setiap orang dan tergolong tidak berbahaya. 


Jerawat terjadi akibat dari aktifnya kelenjar minyak di bawah kulit. Keaktifan ini dirangsang oleh hormon androgen (hormon pertumbuhan) yang meningkat saat seseorang dalam masa pubertas, dan kelenjar minyaknya sedang meningkat tinggi.


Kelenjar minyak tersebut kemudian mengental menutupi selubung rambut, mendesak keluar dalam bentuk lemak kental dan disebut jerawat.


Namun, banyak dari kita yang terkadang meremehkan jerawat. Akibatnya, jerawat menjadi semakin banyak dan membuat kulit rusak.


Sering kali saya dengar, jika remaja yang tumbuh jerawat itu berarti dia sedang jatuh cinta. Apa itu benar? Sayangnya,itu hanyalah mitos penyebab jerawat yang beredar di tengah masyarakat. Namun, masih banyak orang yang menganggap pernyataan itu sebagai fakta.


Alasan kenapa hal tersebut adalah mitos karena pada usia remaja atau masa pubertas, terjadi peningkatan produksi hormon androgen yang menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan banyak sebum yang berakibat tumbuhnya jerawat. 


Pengertian Jerawat


Pengertian jerawat

Jerawat adalah peradangan yang terjadi pada kulit akibat peningkatan produksi minyak (sebum) secara berlebihan. 


Jerawat dapat muncul karena folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati yang menyebabkan penyumbatan pada pori - pori kulit.


Penyakit ini bisa tumbuh dibeberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, dada dan punggung. Kemunculan jerawat biasanya terjadi saat menginjak remaja dan akan hilang dengan sendirinya pada saat sudah dewasa. 


Tapi, dalam beberapa kasus, anak anak bahkan bayi sekalipun bisa tumbuh jerawat dan juga bisa muncul di beberapa orang dewasa.


Jerawat memang sangat ditakuti kebanyakan orang, bukan karena berbahaya, melainkan membuat wajah menjadi rusak yang akan mengurangi rasa percaya diri kita atau insecure bila bertemu seseorang.


Apakah Jerawat Menular?


Apakah jerawat menular?

Ada banyak pertanyaan yang muncul ketika berbicara masalah jerawat. Namun, yang paling sering ditanyakan adalah apakah benar jerawat bisa menular? 


Jawabannya adalah tidak. Karena, jerawat bukanlah sebuah penyakit yang menular. Begitu juga dengan bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium Acnes. Bakteri ini tidak bisa berpindah dari tubuh orang lain ke tubuh anda.


Apa anda sudah merasa lega? Jadi, Anda tidak perlu lagi takut apakah jerawat bisa menular atau tidak. 


Akhir kata dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa jerawat merupakan penyakit kulit berupa benjolan kecil yang tidak berbahaya dan tidak menular.


Demikian artikel kali ini mengenai apa itu jerawat (acne)? pengertian jerawat adalah. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Get notifications from this blog