√ Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Harus Diketahui - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Apakah disini ada yang tidak tahu kunyit? Pasti Anda sudah tahu bukan apa itu kunyit. Tanaman ini, biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam suatu masakan.


Namun, tidak hanya berguna untuk bumbu penyedap makanan, kunyit juga diperlukan sebagai resep penting dalam pembuatan jamu karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Manfaat kunyit untuk kesehatan


Kunyit adalah tanaman yang sangat terkenal di Indonesia karena mempunyai banyak kegunaan dan harganya yang bisa dibilang murah.


Tetapi, rempah-rempah yang satu ini tidak hanya ada di Indonesia saja, melainkan sudah populer di Amerika tengah. Bahkan India sudah sejak dulu menggunakan kunyit sebagai obat tradisional.


Apa Saja Manfaat Kunyit?


Apakah Anda tahu kenapa Kunyit bewarna kuning pekat?


Kunyit bewarna kuning pekat karena memiliki senyawa aktif yang bernama kurkumin.


Selain kurkumin, kunyit juga memiliki banyak kandungan yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh, seperti anti oksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, kalsium, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, minyak atsiri, serta pati.


Ingin tahu manfaat kunyit untuk kesehatan? Simak penjelasan di bawah ini:


1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan pada Tubuh


Meningkatkan kekebalan tubuh

Kunyit sudah terkenal sebagai rempah-rempah dari 2500 tahun yang lalu di Asia, terutama di India.


Para ilmuwan telah berkali-kali melakukan penelitian terhadap Kunyit, yang akhirnya menemukan bahwa tanaman ini memiliki kandungan yang dapat menambah kadar  chatelicidin antimikroba peptida yang membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalannya untuk membasmi berbagai macam bakteri dan virus.


Kandungan yang sangat penting di dalam kunyit itu bernama kurkumin. Seorang Profesor Biokimia dan Biofisika di Linus Pauling Institute, Cornvallis, Oregon, yang bernama Adrian Gombart, pernah berbicara mengenai kunyit dalam Journal of Nutritional Biochemistry.


Gombart terkejut, karena kandungan yang bernama kurkumin dalam kunyit ternyata sangat menarik yang dapat berguna dalam hal medis.


Dia juga mengungkapkan jika mengkonsumsi kunyit secara rutin setiap hari, akan sangat baik untuk kesehatan tubu dan bisa melindungi Anda dari infeksi.


2. Mengatasi Mual


Mengatasi mual

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan kurkumin yang ada pada Kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual.


Jika mengkonsumsi air kunyit, zat kurkumin akan menyatu dengan aliran darah dan dapat membuat tekanan pada perut menjadi lebih ringan.


Manfaat kunyit akan lebih maksimal hasilnya jika dicampur dengan lada hitam. Karena, lada hitam memiliki kandungan yang bernama piperin, yang dapat mempercepat proses meresapnya zat kurkumin dengan aliran darah.


Pernyataan itupun diperkuat dengan beberapa penelitian yang menemukan bahwa kunyit bisa bermanfaat untuk melindungi masalah pencernaan akibat kemoterapi, berupa mual, minta, serta diare.


3. Dapat Mengobati Peradangan


Dapat mengobati peradangan

Randy J. Horwitz, seorang direktur medis dari Pusat Pengobatan Integratif Arizona pernah berkata bahwa, kunyit adalah salah satu obat alami yang sangat manjur sebagai anti-peradangan.


Penelitian pernah dilakukan di University Arizona yang membahas tentang manfaat kunyit.


Mereka menyuntikkan kunyit pada tikus yang terkena rheumatoid arthritis (peradangan sendi karena sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri).


Hasilnya menunjukkan bahwa, kunyit memang bisa menghambat munculnya rheumatoid arthritis pada tikus.


Penelitian juga pernah dilakukan pada tahun 2016. Para pasien penderita radang sendi, mengkonsumsi ekstrak kunyit setiap hari secara rutin sebanyak 1000 mg. Setelah 12 minggu, para pasien merasakan radang sendi yang mereka alami mulai mereda.


Selain itu, bagi pengidap radang ginjal, kunyit sangat berguna untuk membantu meningkatkan fungsi ginjal jika dikonsumsi setiap hari secara rutin.


4. Meredakan Rasa Sakit saat Haid


Meredakan rasa sakit haid

Salah satu hal yang sangat mengganggu perempuan dalam melakukan aktifitas sehari-hari adalah saat mengalami haid.


Pada masa haid, biasanya perempuan akan mengalami nyeri pada perut. Tapi, Anda jangan takut, masalah ini bisa di atasi dengan mengkonsumsi kunyit.


Kandungan kurkumin pada kunyit, mampu mengurangi produksi prostaglandin (hormon yang menjadi penyebab munculnya rasa sakit) pada tubuh.


5. Mengatasi Alergi


Mengatasi alergi

Seperti yang sudah dijelaskan, kunyit memiliki kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. Kedua kandungan itu dapat menghilangkan rasa gatal karena alergi pada tubuh. 


Kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin memiliki sifat anti-alergi yang bisa mencegah lepasnya histamin (zat pemicu alergi yang muncul karena kelebihan protein).


Jika tidak ingin mengkonsumsinya secara mentah, Anda bisa membuat olahan minuman dari kunyit. Seperti kunyit dicampurkan dengan susu, madu, lemon, minyak zaitun, air, serta teh.


6. Mengatasi Racun


Mengatasi racun

Berbagai macam penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat dari kunyit. Kunyit telah terbukti secara medis dapat menjadi penawar racun.


Kunyit bisa menjadi penawar racun karena memiliki kandungan antioksidan yang dapat menyerap dan menetralkan berbagai macam racun di dalam tubuh.


Tanaman yang kaya akan khasiat ini juga dapat menjadi pertolongan pertama untuk menghambat racun akibat gigitan ular berbisa.


Akhir kata, kunyit memang memiliki banyak kegunaan. Selain sebagai bumbu suatu masakan, tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Jika ingin memaksimalkan kandungan baik yang ada di dalam kunyit, sebaiknya Anda meraciknya sendiri dari pada membeli yang sudah jadi. 


Terkadang, jika membeli racikan kunyit di pasar, kunyit yang digunakan sudah tidak murni dan segar lagi. Karena sudah terkontaminasi dengan dengan gula bahkan pemanis buatan.


Baca juga: Khasiat lidah buaya untuk kesehatan.


Demikian artikel kali ini tentang manfaat kunyit untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Get notifications from this blog