√ 11 Manfaat Jatuh Cinta untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

11 Manfaat Jatuh Cinta untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Jatuh cinta merupakan perasaan bahagia yang tidak dapat dihindari oleh semua orang. Pada umumnya,  perasaan itu muncul ketika mulai menginjak usia remaja. Sebenarnya jatuh cinta itu baik buat kesehatan. Tapi tahukah Anda, manfaat jatuh cinta untuk kesehatan tubuh dan pikiran?


manfaat jatuh cinta

Jatuh cinta tidak hanya memiliki efek positif, namun bisa juga dapat memberi dampak negatif bagi kita.


Salah satu efek positif yang didapat jika seseorang sedang jatuh cinta adalah membuat perasaan menjadi lebih bahagia. 


Namun, jatuh cinta juga memiliki dampak negatif, yaitu bisa menyebabkan stres. 


Di zaman sekarang ini, jatuh cinta tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, bahkan anak remaja bisa mengalami jatuh cinta. Berikut inilah manfaat jatuh cinta yang harus Anda ketahui.


Apa Saja Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan?


Tidak bisa dipungkiri, bahwa jatuh cinta memiliki segudang manfaat penting untuk kesehatan tubuh, maupun kesehatan mental. Maka dari itu, langsung saja kita masuk ke pembahasannya:


1. Bisa Membuat Kita Bahagia


Membuat bahagia

Hal paling umum yang terjadi saat sedang mengalami jatuh cinta adalah munculnya rasa bahagia. 


Pada saat sedang jatuh cinta, terjadi peningkatan kadar neurotransmitter dopamine pada otak yang membuat anda menjadi gembira.


2. Dapat Mengurangi Stres dan Depresi yang Berlebihan


Bisa mengurangi stres


Stres atau depresi bisa datang dan menyerang siapa saja, salah satunya karena tekanan pekerjaan. 


Namun, tahukah Anda jika jatuh cinta dapat menurunkan tingkat stres? 


Tentu saja bisa. Karena, jatuh cinta akan membuatmu merasa bahagia, sering tertawa bahkan senyum sendiri saat melihat atau bertemu si dia. Saat merasa bahagia,tentunya akan mengurangi rasa stres dan depresi yang Anda alami.


Dan juga pada saat kehilangan pekerjaan, tentunya Anda akan mengalami stres. Tetapi, jika mendapat dukungan dari orang yang dicintai, rasa stres itu akan reda dan menghilang.


3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Meningkatkan kekebalan tubuh

Jatuh cinta tidak hanya dapat membuat bahagia dan mengurangi stres saja, namun juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. 


Pimpinan utama pada penelitian dan pengembangan eHarmony Labs yang bernama dr. Gian Gonzaga pernah menjelaskan bahwa, pasangan yang sedang mengalami sebuah konflik atau masalah yang dihadapi dengan kasih sayang, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi, ketimbang pasangan yang menyelesaikan masalah dengan emosi tanpa kasih sayang.


4. Menjaga Kesehatan Jantung


Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jatuh cinta untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. 


Pittsburgh University telah melakukan penelitian bahwa, pasangan suami istri yang menjalani kehidupan rumah tangga harmonis, dapat mengurangi gangguan kesehatan jantung dari pada pasutri yang sering mengalami masalah.


5. Menjaga Kesehatan Paru-Paru


Menjaga kesehatan paru

Jika penjelasan nomor 4 menjaga kesehatan jantung, jatuh cinta juga bisa membuat kita terhindar dari penyakit paru-paru. 


Terbukti dari beberapa penelitian, orang yang sudah menikah mempunyai resiko 13 persen lebih rendah untuk mengalami penyakit atau infeksi paru-paru dibanding orang yang belum menikah, contohnya adalah pneumonia atau lebih dikenal dengan istilah paru-paru basah.


6. Memperpanjang Umur


Memperpanjang umur

Salah satu cara meningkatkan kualitas kesehatan adalah dengan mengurangi stres yang berlebihan.


Seperti yang sudah pernah saya jelaskan sebelumnya, jatuh cinta dapat mengurangi rasa stres dan depresi. 


Joseph hullet, psikiater dan senior medical director dari OptumHealth pernah menjelaskan bahwa, tingkat stres yang rendah akan membuat hubungan dengan pasangan semakin indah dan harmonis, tentu saja akan membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit dan memiliki umur yang panjang.


7. Kulit akan Menjadi Semakin Cerah


Kulit semakin cerah

Apakah anda pernah merasa kulit menjadi lebih cerah saat sedang menyukai seseorang? Ternyata itu bukanlah mitos, melainkan sebuah fakta. 


Genaise Gerstner, dermatologis dari new York pernah menjelaskan bahwa saat seseorang sedang mengalami jatuh cinta, akan menurunkan hormon kortisol yang membuat kulit Anda lebih cerah dan terhindar dari jerawat.


8. Membuat Kesehatan Mental Menjadi Lebih Baik


Menjaga kesehatan mental


Pada saat seseorang mengalami jatuh cinta, akan membuat mental menjadi lebih baik dari sebelumnya. 


Pernyataan itupun dibuktikan oleh dr. Braverman dari Rutgers University, yang menjelaskan bahwa saat anggotanya melihat foto seseorang yang dicintai atau disukai, terjadi peningkatan dopamine pada tubuh mereka. 


Jika hormon dopamine meningkat, maka tubuh kita akan mengalami peningkatan energi dan selalu bersikap optimis.


9. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka


Mempercepat penyembuhan luka

Seperti yang sudah kita ketahui, jatuh cinta mempunyai manfaat bisa membuat kita menjadi lebih bahagia.


Perasaan bahagia itulah yang mampu membuat luka pada tubuh Anda lebih cepat beregenerasi atau menutup.


Penjelasan itu ternyata adalah fakta yang sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Ohio State University Medical Center, yang berada di Amerika Serikat.


Mereka memberi sedikit luka kepada pasangan suami istri yang harmonis dan tidak harmonis.


Hasilnya adalah, pasangan suami istri yang harmonis lebih cepat mengalami penyembuhan dibandingkan dengan pasangan yang sering terjadi konflik.


10. Dapat Mengurangi Tekanan Darah


Mengurangi tekanan darah

Jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi atau biasa disebut hipertensi, jatuh cinta adalah solusi yang tepat untuk Anda.


Faktanya, jatuh cinta dapat mengurangi tekanan darah jika didasari oleh perasaan positif.


Pernyataan itu telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh US Department of Health Services.


Mereka menjelaskan bahwa tekanan darah akan menurun dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular terhadap pasangan yang sudah menikah.


11. Mampu Meredakan Rasa Sakit


Meredakan rasa sakit

Salah satu hasil studi mengenai jatuh cinta pernah dilakukan dengan beberapa partisipan.


Ketika para partisipan melihat foto orang yang mereka cintai, rasa sakit yang mereka derita akibat suatu benda berkurang.


Beberapa penelitian juga telah dilakukan pada pasangan suami istri yang harmonis dengan menggunakan alat MRI otak.


Dari hasil penelitian terhadap beberapa pasangan, risiko mereka mengalami sakit kelapa dan sakit punggung lebih rendah dari pada orang yang tidak mengalami jatuh cinta.


Akhir kata, jatuh cinta adalah hal yang didambakan setiap insan manusia, kita harus memiliki cinta agar hidup lebih baik.  Memang, terkandang jatuh cinta bisa membuat Anda patah hati. Tetapi jatuh cinta dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental.


Demikianlah artikel kali ini mengenai manfaat jatuh cinta buat kesehatan tubuh dan pikiran. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dari saya dan terima kasih.

Get notifications from this blog