√ 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih sebagai bumbu penyedap dan memperkuat aroma makanan, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita.


Tanaman yang tergolong dalam jenis genus allium ini, sudah digunakan sejak zaman Mesir kuno sebagai bahan pelengkap masakan.


Manfaat bawang putih


Manfaat bawang putih tidak hanya sebagai bahan utama dari suatu masakan saja. Namun, ada banyak kandungan di dalam tanaman ini yang sangat berguna untuk kesehatan.


Meskipun bawang putih memiliki banyak khasiat, tidak sulit untuk menemukan tanaman ini, khususnya di Indonesia. Karena sudah tersebar di berbagai pasar maupun kedai harian.


Manfaat Bawang Putih


Dalam sebuah hasil studi, jika kita mengkonsumsi bawang putih secara rutin, akan banyak memberikan dampak baik bagi kesehatan.


Dampak baik yang dimaksud adalah menurunnya tekanan darah, menguatkan imun tubuh, serta mencegah terkena penyakit jantung.


Kenapa ada banyak sekali khasiat yang terdapat pada bawang putih?


Karena, bawang putih memiliki banyak kandungan yang sangat penting untuk tubuh, yaitu vitamin B1, B2, B3, B6, C, folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng.


Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang perlu kita ketahui:


1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol


Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Seperti yang sudah saya jelaskan, bawang putih memiliki banyak manfaat. Manfaat yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol.


Sebuah penelitian pernah dilakukan di Ankara University selama 4 bulan mengenai manfaat bawang putih, yang diterbitkan oleh Journal of Nutritional Biochemistry.


Hasil dari penelitian itu adalah, para partisipan yang mengkonsumsi ekstrak bawang putih, mengalami penurunan tekanan darah serta memperbaiki kadar kolesterol.


2. Membuat Jantung tetap Sehat


Membuat jantung sehat

Apa yang membuat bawang putih bisa menjaga kesehatan jantung?


Journal of Agricultural and Food Chemistry pernah menerbitkan hasil dari suatu penelitian mengenai manfaat bawang putih.


Penelitian itu menjelaskan bahwa, minyak yang ada di dalam bawang putih, memiliki kandungan diallyl trisulfide yang berguna untuk membuat jantung agar tetap sehat.


Bawang putih juga berfungsi sebagai pengencer darah, yang akan membuat aliran darah pada tubuh anda menjadi lancar.


Sebuah penelitian dari Cardiovascular Research Center at the University of Conecticut School of Medicine juga mengatakan bahwa bawang putih bisa melindungi intraseluler dalam jantung jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit, karena memiliki kandungan hidrogen sulfida


3. Mencegah Penyakit Influenza


Mencegah penyakit influenza

Sebuah studi yang diterbitkan di American Family Physician menjelaskan bahwa, jika kita mengkonsumsi bawang putih secara rutin, maka akan dapat mencegah penyakit flu.


Ada alasan mengapa bawang putih bisa mencegah kita dari flu, yaitu karena tanaman ini dipercaya dapat memperkuat kekebalan tubuh yang bisa mengatasi virus dan bakteri penyebab flu.


Dari beberapa hasil penelitian juga ditemukan bahwa, orang yang mengkonsumsi bawang putih secara rutin, akan lebih mempercepat proses penyembuhan flu dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi bawang putih.


4. Mencegah Osteoarthritis


Mencegah osteoarthritis

Selain dapat mencegah penyakit influenza, bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah osteoarthritis (peradangan pada sendi karena faktor penuaan).


Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di King's College London dan University of East Anglia.


Hasil penelitian tersebut adalah, jika seorang wanita mengkonsumsi bawang putih secara rutin, maka akan menurunkan tingkat risiko osteoarthritis.


5. Menurunnya Risiko Kanker Paru


Menurunnya risiko kanker paru-paru

Tidak bisa dipungkiri bahwa bawang putih bisa menyebabkan mulut menjadi bau. Namun, banyak manfaat yang didapat jika mengkonsumsinya, yaitu mencegah kanker paru-paru.


Sebuah studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention mengenai manfaat bawang putih yang diterbitkan oleh Cancer Prevention Research.


Penelitian itu menjelaskan bahwa, risiko kanker paru-paru akan berkurang sebanyak 44 persen jika kita mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu.


Anda cukup mengkonsumsi 2-5 gram atau 1-2 siung bawang putih mentah setiap hari secara rutin. Jika bosan dalam keadaan mentah, Anda bisa mencampurnya dalam masakan. Namun, khasiat dari bawang putih pasti tidak maksimal lagi.


6. Mengatasi Masalah Pencernaan


Mengatasi masalah pencernaan

Telah dibuktikan secara medis bahwa, bawang putih memiliki kandungan yang bernama zat allicin. Zat ini bisa digunakan sebagai pengganti obat cacingan, karena bersifat antibiotik, antijamur, serta antiparasit.


Bawang putih juga berguna untuk menurunkan berat badan serta mencegah infeksi pada lambung yang disebabkan oleh bakteri H.pylori.


Tidak hanya itu saja, bawang putih juga ampuh dalam mengatasi diare, dan membasmi racun yang terdapat pada tubuh karena memiliki senyawa sulfhydryl.


7.  Menjaga Kesehatan Hati


Menjaga kesehatan hati

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan hati.


Bawang putih memiliki kandungan DADS atau lebih dikenal dengan diallyl sulfide yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung.


Namun, sebuah penelitian telah dilakukan di Cina oleh Shandong University, menjelaskan bahwa diallyl sulfide tidak hanya bermanfaat untuk itu saja, kandungan ini juga berfungsi melawan stres oksidatif yang dipicu oleh etanol untuk melindungi hati.


Akhir kata, bawang putih memang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, akan lebih memaksimalkan manfaat yang terkandung pada tanaman ini.


Baca juga: Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan


Demikian artikel kali ini tentang 7 manfaat bawang putih untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Get notifications from this blog