√ Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Ada berbagai macam manfaat air kelapa, seperti untuk kecantikan, kesehatan, ataupun hanya sekedar pelepas dahaga.


Siapa disini yang tidak pernah minum air kelapa? Tidak bisa dipungkiri bahwa kita semua pasti pernah minum air kelapa bukan.


Manfaat air kelapa


Air yang memiliki rasa segar apabila dicampur dengan es dan diminum saat cuaca panas ini, tentunya sangat menggoda nafsu kita.


Air kelapa tidak hanya bermanfaat untuk meredakan haus saja. Namun, air ini sudah ribuan tahun lamanya digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan.


Manfaat Air Kelapa


Salah satu manfaat yang Anda dapat jika meminum air kelapa adalah bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga.


Kenapa air kelapa bisa bermanfaat untuk kesehatan kita?


Karena, air kelapa memiliki kandungan klorin, nitrogen, zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, magnesium, serta fosfor.


Lalu, Apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan kita? Berikut penjelasannya:


1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi


Menurunkan tekanan darah

Seperti yang kita tahu, penyebab dari munculnya penyakit berbahaya seperti stroke dan masalah pada jantung, diawali dengan seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.


Maka dari itu, jika Anda penderita hipertensi atau memiliki tekanan darah yang tinggi, solusi yang tepat adalah dengan meminum air kelapa. 


Air kelapa dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki beberapa kandungan, yaitu magnesium serta kalium.


Tetap saja, meminum air kelapa tidak bisa dijadikan sebagai penyembuhan utama untuk menurunkan tekanan darah. Anda tetap harus meminum obat sesuai resep dokter.


2. Mengembalikan Stamina dan Menyegarkan Tubuh


Mengembalikan stamina

Kerja, adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Indonesia, jam kerja rata-rata setiap orang adalah 8 jam sehari. 


Namun, tidak jarang juga ditemui orang yang bekerja 12 jam sehari, mulai dari kerja di lapangan, hingga non-lapangan.


Bagi orang yang bekerja di lapangan, tentunya sangat banyak menguras tenaga dan keringat, apalagi di tengah panasnya terik matahari.


Biasanya, mereka meminum minuman berenergi dan penambah ion tubuh agar tidak lemas saat bekerja. Memang, tidak masalah jika meminumnya sedikit. 


Tetapi, akan menjadi masalah untuk kesehatan jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak setiap hari. Karena, minuman berenergi biasanya mengandung pengawet serta pemanis buatan.


Lalu, Apa yang harus di minum agar tubuh fit dan tetap sehat selama bekerja?


Jawabannya adalah air kelapa. Air kelapa memang memiliki banyak kegunaan serta manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda.


Air kelapa dapat menggantikan air mineral sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga atau aktifitas fisik lainnya dibandingkan dengan air biasa.


Karena memiliki kandungan vitamin C, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, serta asam folat.


100 gram air kelapa, 94,99 persennya adalah air dan sisanya adalah potasium, sodium, serta zat lain. Pernyataan itu dirangkum dari United States Department of Agriculture.


Potasium dan sodium yang terkandung dalam air kelapa dapat membuat tubuh menjadi segar bugar kembali dan melancarkan peredaran darah.


3. Mencegah Serta Mengobati Diabetes


Mencegah dan mengobati diabetes

Sudah tidak asing lagi bagi kita, bawah air kelapa memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama untuk mengobati diabetes.


Kenapa air kelapa dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit diabetes? Pertanyaan itu pastinya terlintas dalam pikiran Anda.


Karena air kelapa bisa meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh agar pembuluh darah menjadi lebih lebar, dan menyembuhkan gejala utama penyakit diabetes.


Jika sirkulasi darah buruk, akan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Karena, bisa menimbulkan gejala utama dari penyakit diabetes, yaitu mati rasa dan penglihatan menjadi kabur.


Air kelapa juga kaya akan serat dan rendah karbohidrat yang sangat direkomendasikan bagi penderita penyakit diabetes. 1,1 gram serat terkandung dalam 100 gram air kelapa.


Tidak hanya itu saja, air kelapa juga mengandung kalsium, magnesium, vitamin C, zat besi, kalium, natrium, serta folat yang membuat diabetes lebih terkendali karena dapat mencegah fluktuasi glukosa darah.


Akhir kata, air kelapa memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita. Tetapi, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, minumlah sesuai dengan anjuran, yaitu 1-2 gelas perhari agar mengurangi risiko hal-hal yang tidak diinginkan.


Baca juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan


Demikian artikel kali ini tentang manfaat air kelapa untuk kesehatan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Get notifications from this blog