√ 6 Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

6 Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah buaya, atau sering disebut dengan Aloe Vera, adalah tumbuhan berdaging tebal berwarna hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Khasiat lidah buaya itu sendiri berasal dari gel atau lendir yang ada di dalam daunnya. Biasanya, lidah buaya dapat tumbuh di tempat yang memiliki iklim tropis dan kering seperti Indonesia.


Manfaat lidah buaya


Di zaman sekarang ini, sudah banyak bermunculan berbagai macam produk yang berbahan dasar aloe vera. Seperti sampo, obat-obatan, bahkan produk kosmetik.


Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencari tanaman lidah buaya, karena biasanya sudah tersedia dibanyak toko dalam bentuk kemasan produk.


Khasiat Lidah Buaya atau Aloe Vera


Ada lebih dari 300 jenis tumbuhan lidah buaya di dunia ini. Salah satu jenis yang paling terkenal karena khasiatnya adalah aloe barbadensis.


Kegunaan lidah buaya untuk kesehatan pun beragam, mulai dari menyembuhkan penyakit kulit, hingga mengatasi cacingan.


Jadi, jangan heran jika lidah buaya bisa dijadikan sebagai obat berbagai macam penyakit, karena sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu.


Bahkan, telah terbukti secara medis, bahwa lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, antioksidan, folat, magnesium, fosfor, natrium, zinc, zat besi, kalsium, yang pastinya sangat bagus untuk kesehatan.


Lidah buaya tidak hanya dapat mengatasi cacingan. Tetapi, ada banyak khasiat yang terdapat pada tanaman berdaun runcing ini.


Mau tahu apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan Anda? Berikut penjelasannya:


1. Mencegah Tumbuhnya Jerawat


Mencegah tumbuhnya jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja. Penyebab tumbuhnya jerawat pun beragam, yaitu karena bakteri yang bernama propionibacterium acnes dan produksi minyak berlebih.


Lidah buaya bisa mencegah kulit Anda agar tidak berjerawat, karena bersifat anti-bakteri yang akan menyingkirkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak pada kulit.


Anda cukup membuat masker dengan gel pada lidah buaya yang dicampur dengan perasan lemon, kemudian aduk dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga 10-20 menit agar mendapatkan hasil maksimal.


Lemon memiliki kandungan yang sama dengan lidah buaya, yaitu memiliki anti-bakteri dan pastinya sangat cocok jika dikombinasikan.


Bagaimana jika membuat masker hanya menggunakan lidah buaya? Apa boleh? Tentu saja boleh, tidak ada masalah jika mengoleskan gel lidah buaya saja pada wajah.


2. Menyehatkan Rambut


Menyehatkan rambut

Apakah Anda mengalami masalah kerontokan pada rambut atau rambut rusak?


Jika iya, solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan lidah buaya.


Lidah buaya memiliki kandungan yang berguna untuk menutrisi rambut, yaitu vitamin B12 dan folat.


Vitamin B12 dan folat dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau, memperbaiki rambut rusak, dan bisa mengatasi kerontokan.


Tidak hanya itu saja, pada tahun 2010, pernah dilakukan sebuah studi yang menjelaskan bahwa, lidah buaya dapat mendorong pertumbuhan rambut setelah lima hari pemakaian.


3. Mengurangi Kadar Gula Darah


Mengurangi gula darah

Gel yang ada di dalam daun lidah buaya dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2, karena memiliki kandungan yang bernama kromium dan alprogen. 


Perlu diperhatikan bahwa, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Cukup dengan 2 sendok makan per harinya secara rutin.


Penjelasan di atas pun dibuktikan oleh sebuah penelitian yang pernah diterbitkan pada International Journal of  Phytotherapy and Phytopharmacy.


4. Mengatasi Dehidrasi


Mengatasi dehidrasi

Tidak hanya air putih, ternyata jus lidah buaya terbukti ampuh dalam mengatasi dehidrasi pada tubuh Anda.


Gel pada lidah buaya memiliki kandungan air yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi jika dikonsumsi.


Cara pembuatan jus lidah buaya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengambil dua sendok makan gel yang terdapat dalam lidah buaya, kemudian campurkan air, lalu blender.


5. Meningkatkan Stamina


Meningkatkan stamina

Tidak hanya dapat mencegah dehidrasi, kandungan air di dalam lidah buaya dapat membantu Anda menambah stamina saat melakukan aktifitas sehari-hari.


Terutama bagi pria, lidah buaya berfungsi untuk meningkatkan gairah saat berhubungan intim serta penambah stamina. Hubungan rumah tangga dengan pasangan pun menjadi semakin harmonis.


6. Menyembuhkan Luka


Menyembuhkan luka

Berbagai macam luka dapat disembuhkan dengan tanaman runcing yang satu ini, yaitu luka akibat goresan dan luka bakar.


Lidah buaya bisa menyembuhkan luka karena memiliki sifat anti-mikroba, anti-radang, serta anti-bakteri. 


Tidak hanya itu saja, gel pada tanaman ini juga dapat mencegah Anda dari infeksi, gatal, serta kemerahan pada kulit.


Akhir kata, setelah Anda mengetahui manfaat lidah buaya, mungkin bisa menghemat keuangan untuk mengobati penyakit. Ingat, gunakan lidah buaya sesuai dengan porsinya dan jangan berlebihan.


Demikian artikel kali ini mengenai 6 khasiat lidah buaya untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Get notifications from this blog