√ 7 Cara Mengatasi Flu yang Harus Anda Ketahui - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

7 Cara Mengatasi Flu yang Harus Anda Ketahui

Influenza atau yang sering disebut dengan flu adalah penyakit menular yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.


Cara mengatasi flu


flu memang penyakit yang menjengkelkan. Karena penyakit ini dapat menghentikan aktifitas sehari-hari dan membuat Anda terbaring lemas di tempat tidur.


Biasanya, flu bisa terserang pada siapa saja tanpa melihat usia dan sering terjadi pada saat musim hujan, musim dingin, dan musim pancaroba.


Cara Mengatasi Flu


Faktor yang menjadi penyebab anda terkena flu adalah karena virus bernama tipe A, Tipe B dan Tipe C. Virus itu dapat masuk ke dalam tubuh Anda melalui saluran pernapasan.


Penyakit ini umumnya memiliki gejala berupa sakit pada tenggorokan, hidung tersumbat, sariawan, sakit kepala, pilek, batuk, hingga demam.


Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasi flu agar dapat kembali beraktifitas dengan nyaman seperti biasa:


1. Berkumur dengan Air Garam


Berkumur dengan air garam

Setelah membaca ini, pasti terlintas pertanyaan dipikiran anda Kenapa berkumur dengan air garam bisa mengatasi flu?


Jawabannya adalah air garam dapat menarik dan memecah lendir atau cairan yang ada pada tenggorokan Anda. Sehingga tenggorokan menjadi bersih dan mencegah iritasi.


Hal itu telah dibuktikan oleh penelitian yang disebut ELVIS (Edinburgh dan Lothians Viral Intervention Study) tentang berkumur dengan air garam.


Hasil dari penelitian itu adalah, berkumur dengan air garam secara rutin dan teratur dapat meredakan para penderita flu.


2. Memakan Makanan yang Mengandung Seng


Makan makanan mengandung seng

Seng adalah zat yang bisa membantu Anda dalam mengatasi flu. Karena zat ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih untuk membasmi virus penyebab flu.


Tidak hanya melawan virus, seng juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung seng adalah daging merah, kerang, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur.


3. Mengkonsumsi Madu


Mengkonsumsi madu

Madu merupakan cairan kental dari lebah yang tentunya sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya yang sangat manis, serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Manfaat madu untuk kesehatan sangat banyak, salah satunya adalah dapat mengatasi penyakit flu yang mengganggu.


Madu terbukti sangat efektif dijadikan sebagai obat alami karena memiliki sifat anti-mikroba, yang berguna untuk melawan virus penyebab flu.


Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa madu tidak boleh diberikan oleh anak yang berusia di bawah 1 tahun, karena sistem pencernaannya masih lemah yang akan menambah risiko penyakit botulisme.


4. Memperbanyak Meminum Air Putih


Memperbanyak minum air putih

Jika sedang flu, pasti dokter atau orang terdekat Anda menyarankan untuk perbanyak minum air putih.


Lalu, Kenapa harus perbanyak minum? Apa manfaatnya untuk flu?


Air mineral memiliki banyak manfaat untuk mengatasi flu, yaitu dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh Anda yang bisa mengobati sakit tenggorokan dan hidung tersumbat saat sedang flu.


Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi air mineral juga dapat membantu tubuh Anda dalam membersihkan racun dan sistem tubuh.


5. Istirahat


Istirahat

Menurut dr. Tina Suksmasari, seorang Medical Manager Bayer Consumer Care, beberapa pekerja banyak yang tidak memperdulikan waktu istirahat. Padahal, istirahat sangat penting dalam mencegah bahkan mengatasi flu.


Dia juga pernah mengungkapkan bahwa  obat yang paling ampuh saat ini dalam mengatasi flu adalah istirahat, tidur, dan perbanyak minum air putih.


Tidur dapat membuat tubuh Anda menjadi rileks dan pikiran menjadi tenang. Biasanya, beberapa orang akan susah tidur ketika sedang flu.


Jika mengalami kesulitan saat tidur, Anda disarankan untuk mandi terlebih dahulu dengan air hangat agar dapat meningkatkan kualitas tidur.


6. Olahraga Ringan


Olahraga ringan

Istirahat adalah hal yang paling penting saat proses penyembuhan flu. Namun, tidak ada salahnya jika Anda melakukan sedikit olahraga ringan.


Dengan melakukan olahraga ringan, sistem kekebalan tubuh Anda akan lebih meningkat dan flu bisa sembuh dengan cepat.


Olahraga ringan yang dimaksud adalah berjalan kaki di luar ruangan selama 20 menit, jogging, serta menari.


7. Mengkonsumsi Bawang Putih


Mengkonsumsi bawang putih

Bawang putih adalah tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan.


Manfaat bawang putih tidak hanya untuk itu saja, melainkan bisa dipakai sebagai obat alami untuk mengatasi flu.


Allicin, adalah kandungan pada bawang putih yang dapat membasmi virus penyebab flu karena memiliki sifat antibakteri.


Beberapa penelitian pernah menjelaskan bahwa, orang yang rutin mengkonsumsi bawang putih setiap hari, akan lebih cepat proses penyembuhan flunya dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi nya.


Jika Anda ingin hasil yang maksimal, makanlah bawang putih dalam keadaan mentah, tentunya dicuci dulu. 


Karena jika sudah melalui proses pemasakan, kandungan pada bawang putih akan berkurang khasiatnya.


Akhir kata, flu memang penyakit yang tidak berbahaya, namun dapat mengganggu aktifitas seperti pekerjaan atau sekolah. Selain obat resep dari dokter, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi flu.


Demikian artikel kali ini tentang cara mengatasi flu. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Get notifications from this blog