√ Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Menghilangkan Jerawat - Seputarsehat.com
Powered by Blogger.

Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Menghilangkan Jerawat

Wajah merupakan salah satu kulit yang sensitif. Walaupun sensitif, perawatan untuk wajah bisa dibilang tidak sulit, karena Anda cukup mencuci muka dengan benar saja.


Terkadang, sebagian orang tidak mengetahui bagaimana cara mencuci muka yang benar agar terhindar dari masalah kulit seperti jerawat.


cara mencuci muka

Mencuci muka memang sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Namun, sangat penting dan berpengaruh untuk kesehatan kulit wajah.


Maka dari itu, penting untuk kita mengetahui bagaimana tata cara yang benar dalam membersihkan muka.


Mencuci Wajah Bukan Hanya Bertujuan Menghilangkan Debu


Biasanya, kebanyakan orang malas mencuci wajah, terutama pria. Buktinya, bisa kita lihat perbandingan antara wajah pria dan wanita.


Pasti sangat jelas perbedaannya bukan, bahwa wajah wanita lebih cerah dan terawat dibanding pria.


Kebanyakan dari pria lebih sering asal-asalan dalam membersihkan muka karena kurangnya pengetahuan tentang cara membersihkan wajah yang benar.


Biasanya, pemikiran orang dalam mencuci muka adalah, basuh wajah dengan air bersih disertai dengan sabun itu sudah cukup, asal kotorannya telah hilang.


Apakah ada dari Anda yang berpikiran seperti itu?


Jika iya, sebaiknya segera ubah pemikiran tersebut. Memang pernyataan itu tidaklah salah, hanya saja tidak lengkap.


Membersihkan muka tidak hanya sekedar menghilangkan kotoran. Namun, diperlukan cara yang benar agar kulit Anda tidak iritasi.


Tips Mencuci Muka dengan Benar


Setelah Anda membaca penjelasan diatas, saya akan memberikan beberapa tips dan cara yang mudah untuk mencuci wajah:


1. Melembabkan Wajah Sebelum Dibersihkan


Melembabkan wajah

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah melembabkan kulit wajah. Setelah selesai beraktivitas seperti olahraga atau pun bekerja, pasti kotoran di wajah Anda sudah menumpuk.


Maka dari itu, agar kotoran yang menumpuk di kulit gampang dibersihkan, anda terlebih dahulu harus melembabkan wajah.


Kenapa harus dilembabkan dulu? Kan bisa langsung dibersihkan?


Karena, saat kotoran menempel di wajah, pori- pori pada kulit anda tertutup. Akan sulit mengangkat kotoran pada kulit yang tertutup pori-porinya.


Sebaliknya, jika Anda melembabkan wajah terlebih dahulu, pori-pori akan terbuka dan wajah akan lebih bersih ketika dicuci.


Bagaimana cara melembabkan wajah?


Melembabkan wajah sangat mudah, Anda hanya perlu membasuh wajah secara berulang-ulang dengan air hangat. Lakukan secukupnya sampai kulit tidak terasa kaku.


2. Mencuci Tangan dengan Sabun


Mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan adalah langkah kedua yang  harus dilakukan sebelum mencuci muka. Memang terlihat mudah dilakukan, tapi sangat sering dilupakan oleh banyak orang.


Padahal, sangat penting untuk kita mencuci tangan sebelum bersentuhan dengan wajah yang bisa dibilang bagian kulit sensitif. Pasti ada sebuah pertanyaan yang mungkin terlintas dipikiran Anda.


Kenapa mencuci tangan sangat penting dan harus dilakukan terlebih dahulu?


Karena, Anda pasti tidak tahu barang-barang yang Anda pegang sebelum mencuci muka seperti smartphone, bebas dari virus dan bakteri.


Maka dari itu, dengan mencuci tangan dan pastinya disertai dengan sabun, Anda bisa menghilangkan virus ataupun bakteri.


Jadi, jangan pernah menganggap remeh bakteri, karena dapat merusak kulitmu bahkan bisa menyebabkan jerawat.


3. Pilihlah Sabun Pembersih Muka yang Sesuai dengan Tipe Kulit Anda


Pilihlah sabun sesuai kulit

Beberapa orang memiliki wajah dengan tipe kulit yang berbeda-beda, ada yang mempunyai kulit berminyak disertai jerawat, dan ada juga yang berminyak namun tidak berjerawat.


Cara memilihnya pun tidak sulit, biasanya sudah ada tertera dilabel kemasan produk sabun pencuci muka.


Jadi, jangan sembarangan memilih jenis produk yang sesuai untuk wajah Anda, karena bisa berakibat fatal untuk kesehatan kulit.


4. Gerakan Tangan Saat Mencuci Muka


Gerakan mencuci muka

Letakkan sabun pencuci muka secukupnya di tangan dengan merata. Lalu, Anda bisa mengoleskannya pada wajah Anda.


Cara mengolesnya pun tidak sembarangan, Anda harus melakukannya dengan gerakan memutar seperti sedang memijat.


Jika Anda melakukannya dengan cara seperti itu, kandungan yang terdapat pada sabun akan mudah terserap oleh wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal.


5. Pakai Air Bersih untuk Mencuci Wajah


Air yang bersih

Setelah selesai mengoleskan sabun dengan benar secara merata, yang harus Anda lakukan adalah membasuhnya dengan air bersih.


Air yang kotor tentu saja mengandung banyak bakteri yang dapat merusak wajah Anda, penggunaan sabun pun akan menjadi sia-sia.


Oleh karena itu, gunakan air yang bersih untuk membasuh wajah, usahakan menggunakan air hangat agar tidak ada sisa sabun yang menempel serta kulit menjadi tidak kaku.


Akhir kata, setelah Anda mengetahui tata cara mencuci wajah, alangkah baiknya segera diterapkan demi menjaga kulit Anda. Jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari karena hal yang terlihat sepele namun sangat berguna untuk wajah.


Baca juga: Apa Itu Jerawat


Demikian artikel kali ini tentang cara terbaik mencuci muka dengan benar agar bersih. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Get notifications from this blog